Rabu, 18 Juni 2014

tips hidup sehat dari RAsulullah dan Al-kitabiah

TIPS HIDUP SEHAT DARI RASULULLAH SAW
JENIS MAKANAN

             Rupanya tanpa kita sadari, dalam makanan yang kita makan sehari-hari, kita tak boleh sembarangan. Hal inilah penyebab terjadinyaberbagai penyakit antara lain penyakit kencing manis, lumpuh, sakit jantung, keracunan, dan lain-lainnya. Apabila anda telah mengetahui ilmu ini, tolonglah ajarkan kepada yang lainnya.
            Ini pun adalah tips hidup sehat Rasulullah SAW. Ustadz Abdullah mahmood mengungkapkan, Rasulullah tak pernah sakit perut sepanjang hayatnya karena pandai menjaga makanannya sehari-hari. Insya Allah kalu anda ikuti tips Rasulullah ini, anda takkan menderita sakit perut ataupun keracunan makanan. Malahan anda akan mendapatkan pahala karena menjalankan Sunnah Rasulullah SAW:
  • Jangan makan SUSU bersama DAGING
  • Jangan makan DAGING bersama IKAN
  • Jangan makan IKAN bersama SUSU
  • Jangan makan AYAM bersama SUSU
  • Jangan makan IKAN bersama TELUR
  • Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD
  • Jangan makan SUSU bersama CUKA
  • Jangan makan BUAH bersama SUSU, contoh : KOKTEL
CARA MAKAN
  • Jangan makan buah setelah makan nasi, sebaliknya jangan makanlah buah terlebih dahulu, baru makan nasi.
    • Tidur 1 jam setelah makan tengah hari.
    • Jangan sesekali tinggal makan malam. Barang siapa yang tinggal makan malam dia akan dimakan usia dan kolesterol dalam badan akan berganda.
      Saudaraku sekalian, biasakan lah cara makan kita seperti adab makannya Rasulullah SAW. Insya Allah hidup sehat dan berkah. Pengaruhnya tidak jangka pendek. Akan berpengaruh jika kita sudah tua nanti.
Dalam kitab juga melarang kita makan-makanan darat bercampur dengan makanan laut.
Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama susu, karena akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan mengandung ion-, jika dalam makanan kita, ayam bercampur dengan ikan maka akan terjadi reaksi biokimia yang dapat merusak usus kita.
Al-Qur’an juga mengajarkan kita menjaga kesehatan seperti membuat amalan antara lain :
  • Mandi pagi sebelum shubuh, sekurang-kurangnya sejam sebelum matahari terbit. Air sejuk yang meresap kedalam badan dapat mengurangi penimbunan lemak. Kita boleh saksikan orang yang mandi pagi kebanyakan badan tak gemuk.
  • Rasulullah SAWmengamalkan minum segelas air sejuk (bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya Insya Allah jauh dari penyakit (susah mendapat sakit).
  • Waktu sembahyang shubuh disunatkan kita bertafakur (yaitu sujud sekurang-kurangnyasemenit setelah membaca do’a). Kita akan terhindar dari sakit kepala atau migrain. Ini terbukti oleh para ilmuwan yang membuat kajian kenapa dalam sehari perlu kita sujud. Ahli-ahli sains telah menemukan beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yang tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka darah akan mengalir ke ruang tersebut.
  • Nabi juga mengajarkan kita makan dengan tangan dan bila habis hendaklah menjilat jari. Begitu juga ahli saintis telah menemukan bahwa enzim banayk terkandung di celah jari-jari, yaitu 10 kali ganda terdapat dalam air liur (enzim sejenis alat pencerna makanan).

Sabda Nabiyyuna Muhammad SAW, “ilmu itu milik Allah, barang siapa menyebarkan ilmu demi kebaikan Insya Allah, Allah akan menggandakan 10 kali kepadanya”.

 10 TIPS HIDUP SEHAT SECARA ALKITABIAH
  1. Bersukacita senantiasa
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang (amsal 17:22).
2. Berusahalah menjaga kekudusan dan mengejar kebenaran dalam tingkah laku.
Ada orang-orang menjadi sakit oleh sebab kelakuan mereka yang berdosa, dan disiksa oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka. (mazmur 107: 17)

3. Perkatakan sesuatu yang baik dan positif
Perkataan yang menyenagkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang. (amsal 16:24)

4. Jangan menyimpan sakit hati
  • Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati. (ayub 5:2)
  • Yang lain mati dengan sakit hati, dengan tidak pernah merasakan kenikmatan. (ayub 21:25)
  • Mataku mengidap karena sakit hati, rabun karena semua lawanku. (mazmur 6:7)
5. Banyak makan sayuran (belajar seperti kambing yang makan rumput yang tidak pernah mengalami penyakit kronis seperti : kanker, gagal ginjal, kolesterol, dll)
“adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum. Setelah lewat sepuluh hari , ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk daripada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja.
            Kemudian penjenang itu selalu mengambil makanan mereka dan  anggur yang harus mereka minum, lalu memberikan sayur kepada mereka. (Daniel 1:12-16)

6. Banyak Makan Buah-Buahan
     Pada kedua tepi sungai itu tumbuh bermacam-macam pohon buah-buahan, yang daunnya tidak layu dan buahnya tidak habis-habis ; tiap bulan ada lahi buahnya yang baru, sebab pohon-pohon itu mendapat air dari tempat kudus itu. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat. (Yahezkiel 47:12)

7. Makanlah Madu
  • Tetapi Yonatan tidak mendengar, bahwa ayahnya telah menyuruh rakyat  bersumpah. Ia mengulurkan tongkat yang ada di tangannya dan mencelupkan ujungnya ke dalam sarang madu; kemudian ia mencedoknya ke mulutnya dengan tangan, lalu matanya menjadi terang lagi.(Samuel 14:27)
  • Anakku, makanlah madu, sebab itu baik dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu.  Amsal

8. Minum Sedikit Anggur
Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaan mu terganggu dan tubuh mu sering lemah. (1Timotius 5:23)

9. Dalam zaman dulu, roti atau manna dan ikan menjadi salah satu yang menjadi makanan sehari –hari bagi orang Israel. Yang dimaksud roti disini adalah roti gandum yang berwarna kecoklatan. Ada juga Manna, ada juga ikan dimana yesus juga menyantapnya.
  • Adapun manna itu seperti ketumbar dan kelihatannya seperti damar bedolah.
Bbangsa itu berlari kian kemari untuk memungutnya, lalu menggilingnya dengan batu kilangan atau menumbuknya dengan lumpang. Mereka memasaknya dalam periuk dan membuatnya menjadi roti bundar; rasanya seperti panganan yang digoreng. Bilangan 11:7-8
  • Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannnya di depan mata mereka. Lukas 24: 42-43

10.  Minyak Zaitun Murni
Tidak ditulis secara detail dalam Alkitab. Menurut buku yang ditulis oleh Benny Hinn, minyak zaitun murni sangat baik untuk kesehatan. Berbeda dengan minyak goreng yang beredar seperti sekarang ini. Harganya pun cukup mahal.





Zakia, Nayla. 2009. Tips Sehat Setiap Hari. Moncer Publisher: Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar